AICOMS 2021

Latar Belakang

Berkelanjutannya musim pandemi Covid-19 secara global telah menyurutkan berbagai persoalan, terutama ekonomi dan kesehatan masyarakat. Meskipun banyak penelitian saintifik maupun prediksi tentang berakhirnya musim tersebut, namun belum ada penampakan berakhirnya pandemi hingga saat ini, sehingga memberikan dorongan akademik kepada para peneliti untuk terus melakukan penelitian-penelitian sesuai bidangnya, baik sains, kedokteran, maupun sosial dan humaniora.

Hasil-hasil penelitian seputar kajian Islam interdisipliner yang dilakukan oleh para peneliti internal dan eksternal telah banyak dipublikasikan melalui 12 jurnal yang berada di bawah naungan Omah Jurnal Sunan Giri (OJSG) hingga saat ini. Namun usaha demikian belum selesai. Di sisi lain, Pascasarjana INSURI Ponorogo sebagai lembaga pendidikan Islam terus berupaya melangsungkan tanggung jawab akademik dan memberikan resolusi atas permasalahan-permasalahan mutakhir di tengah masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19, melalui kajian-kajian Islam interdisipliner baik melalui program-program pengajaran, penelitian, konferensi, dan pengabdian masyarakat. Upaya demikian telah terwujud dengan dorongan serta bantuan dari berbagai pihak terutama civitas akademika INSURI dan masyarakat pada umumnya. Maka dengan itu, pengelola Omah Jurnal Sunan Giri (OJSG) yang bekerjasama dengan sivitas akademika Pascasarjana INSURI terus melebarkan sayap guna menyediakan platform digital untuk menampung hasil-hasil penelitian dari berbagai pihak melalui AICOMS–Annual Interdisciplinary Conference on Muslim Societies 2021.

Penyelenggara dan Tujuan

Konferensi ini diselenggarakan oleh Omah Jurnal Sunan Giri (OJSG) yang berkolaborasi dengan Pascasarjana Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo yang mengupas kajian-kajian keislaman interdisipliner.

Konferensi ini bertujuan untuk menyediakan platform yang sesuai bagi para peneliti yang tertarik pada isu-isu kontemporer yang berkaitan dengan masyarakat dan komunitas Muslim di masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, konferensi AICOMS–Annual Interdisciplinary Conference on Muslim Societies 2021 disajikan dengan mengangkat tema-tema mutakhir seputar kajian Islam interdisipliner sebagai bentuk pengejawantahan resolusi atas fenomena-fenomena faktual di masa pandemi Covid-19 ini.

Tema dan Cakupan

"The Religious Challenges of Muslim Societies during and post Covid-19 Era" (Tantangan Keberagamaan Masyarakat Muslim di masa dan setelah Covid-19).

Peneliti dari disiplin ilmu dapat berkontribusi pada konferensi ini. Adapun penjabaran dari fokus tema tersebut tergambar dalam cakupan skup penelitian sebagai berikut:

  1. Pemikiran Keagamaan, Kitab Suci, dan Lived Religion
  2. Pendidikan Keagamaan dan Pembelajaran Jarak Jauh 
  3. Sejarah, Identitas Budaya, dan Dinamika Masyarakat
  4. Diaspora, Mobilitas, Minoritas, dan Hubungan Antar Budaya
  5. Komunikasi, New Media, dan Digital Piety
  6. Bahasa, Linguistik Terapan, dan Kesusastraan di Era Digital
  7. Demokrasi, Hukum, dan Masyarakat Sipil
  8. Ketahananan Ekonomi, Perbankan, dan Kebijakan Publik
  9. Ketahanan Keluarga, Peran Wanita, dan Gender
  10. Filantropi dan Pengabdian kepada Masyarakat
  11. Islam, Sains, dan Inovasi Teknologi

Tanggal dan Waktu Penting

Submisi Artikel: 15 Februari s.d 1 Desember 2021
Notifikasi Accepted: maksimal 1 minggu setelah naskah dikirim
Publikasi: Maksimal 2 minggu setelah konfirmasi pembayaran
Konferensi Digital: 29 Desember 2021 (melalui platform Zoom)

Proses Submisi, Peer Review, dan Publikasi

1. Pastikan naskah penelitian/artikel yang hendak diunggah sudah sesuai dengan Author Guidelines dan Template AICOMS
2. Naskah diunggah melalui laman Registrasi
3. Naskah yang masuk akan dilakukan cek similaritas dan peer-review oleh tim editor dan reviewer
4. Hasil peer-review dikembalikan untuk diperbaiki oleh penulis dan diunggah melalui laman pesan prosiding sesuai batas dan waktu yang ditentukan oleh editor
5. Naskah yang diterima akan dimuat dalam prosiding online AICOMS.